Brussels, 15 April 2014 Pasar Instrumen Keuangan Petunjuk (MiFID II): Pertanyaan yang Sering Diajukan A. Latar Belakang, elemen utama dan manfaat manfaat reformasi 1. Apa itu MiFID dan mengapa ditinjau hanya empat tahun setelah diberlakukannya MiFID adalah Pasar dalam Petunjuk Instrumen Keuangan (Petunjuk 200439EC 1). Ini menggantikan Petunjuk Layanan Investasi (ISD) yang diadopsi pada tahun 1993. Ini telah berlaku sejak tahun 2008. Ini adalah landasan peraturan EU mengenai pasar keuangan. Ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing pasar keuangan UE dengan menciptakan satu pasar untuk layanan dan aktivitas investasi, dan memastikan perlindungan harmonis yang tinggi bagi investor di instrumen keuangan, seperti saham, obligasi, derivatif dan berbagai produk terstruktur. MiFID telah membawa persaingan yang lebih ketat di seluruh Eropa dalam penyediaan layanan kepada investor dan antara tempat-tempat perdagangan. Hal ini membantu berkontribusi pada pasar keuangan yang lebih dalam, lebih terintegrasi dan likuid. Ini juga menurunkan biaya bagi emiten, memberikan layanan yang lebih baik dan lebih murah bagi investor, dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di Eropa. Sesuai dengan tujuannya, MiFID telah berkontribusi pada pasar keuangan UE yang lebih kompetitif dan terintegrasi. Namun, peristiwa tahun lalu dan perkembangan pasar telah menunjukkan kelemahan dalam beberapa prinsip dasar MiFID, dan area yang disorot memerlukan penguatan atau revisi, misalnya, hal itu dapat dibilang mengarah pada pengembangan platform dan aktivitas perdagangan baru yang berada di luar jangkauan dan dengan demikian Di luar peraturan apapun Menutup celah semacam itu diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan investor dan mencapai semua tujuan awal MiFID. Memastikan kerangka peraturan yang lebih kuat juga akan berfungsi untuk mengatasi kenyataan pasar yang lebih kompleks yang sekarang kita hadapi, sebuah kenyataan yang ditandai dengan meningkatnya keragaman dalam instrumen keuangan dan metode perdagangan baru. Diskusi serupa telah terjadi di Amerika Serikat dan pusat keuangan global utama lainnya dan telah menghasilkan respons peraturan yang kuat. 2. Apa saja elemen utama dari reformasi MiFID II yang bertujuan untuk membangun sistem keuangan yang lebih aman, lebih sehat, lebih transparan dan lebih bertanggung jawab yang bekerja untuk ekonomi dan masyarakat secara keseluruhan. Kontribusi utama yang diperkenalkan oleh MiFID II untuk mencapai tujuan ini adalah: (1) MiFID II memperkenalkan kerangka struktur pasar yang menutup celah dan memastikan bahwa perdagangan, jika sesuai, terjadi pada platform yang diatur. Untuk tujuan ini, ia membagori instrumen saham dan non-ekuitas menjadi kewajiban perdagangan. Selanjutnya memastikan bahwa perusahaan investasi yang mengoperasikan sistem pencocokan internal yang menjalankan perintah klien dalam saham, penerimaan penyimpanan, dana yang diperdagangkan di bursa, sertifikat dan instrumen keuangan serupa lainnya secara multilateral harus diberi wewenang sebagai fasilitas perdagangan Multilateral (MTF). Ini juga memperkenalkan tempat perdagangan multilateral baru, Fasilitas Perdagangan Terorganisir (OTF), untuk instrumen non-ekuitas untuk diperdagangkan di platform perdagangan multilateral yang terorganisir. Aturan ini memastikan tingkat lapangan bermain dengan Regulated Markets (RMs) dan MTFs. Netralitas operator OTF dipastikan melalui pembatasan penggunaan modal sendiri, termasuk perdagangan utama yang sesuai, dan kebijaksanaan dalam kebijakan pelaksanaannya. MiFID II memperkenalkan kewajiban perdagangan untuk saham serta kewajiban perdagangan untuk derivatif yang memenuhi syarat untuk melakukan kliring di bawah European Markets Infrastructure Regulation (EMO) (MEMO12232) dan cukup likuid. Ini akan memindahkan perdagangan instrumen ini ke platform multilateral dan teregulasi dengan baik sesuai dengan komitmen G20. (2) MIFID II meningkatkan transparansi pasar modal dan untuk pertama kalinya menetapkan prinsip transparansi instrumen non-ekuitas seperti obligasi dan derivatif. Untuk ekuitas, sebuah mekanisme volume double cap membatasi penggunaan harga referensi dan penawaran harga yang dinegosiasikan (4 per tempat tutup dan 8 tutup global) bersama dengan persyaratan untuk kenaikan harga pada titik tengah untuk yang pertama. Pengunduran diri dalam jumlah besar dan keringanan manajemen pesanan tetap sama seperti di bawah MiFID I. MiFID II juga memperluas rezim transparansi pra dan pasca perdagangan untuk memasukkan instrumen non-ekuitas, walaupun mengingat kekhususan instrumen non-ekuitas, Keringanan transparansi pra-perdagangan tersedia untuk pesanan besar, permintaan penawaran dan perdagangan suara. Transparansi perdagangan pasca disediakan untuk semua instrumen keuangan dengan kemungkinan publikasi atau penyaringan volume yang ditangguhkan sebagaimana mestinya. Aturan juga telah ditetapkan untuk meningkatkan konsolidasi dan pengungkapan data perdagangan yang efektif melalui kewajiban untuk tempat perdagangan untuk membuat data pra dan pasca perdagangan tersedia secara wajar dan melalui pembentukan mekanisme rekaman gabungan untuk data pasca perdagangan. . Aturan ini disertai dengan pembentukan mekanisme pelaporan yang disetujui (ARM) dan peraturan publikasi yang berwenang (APA) untuk pelaporan dan publikasi perdagangan. (3) Untuk memenuhi komitmen G20, MiFID II menyediakan kekuatan pengawasan yang diperkuat dan rezim batas-batas yang disesuaikan untuk turunan komoditas untuk meningkatkan transparansi, mendukung tertib penetapan harga dan mencegah penyalahgunaan pasar. Di bawah sistem ini, pejabat yang berwenang akan menetapkan batasan pada posisi sesuai dengan metodologi perhitungan yang ditetapkan oleh European Securities and Markets Authority (ESMA). Ini juga memperkenalkan kewajiban pelaporan posisi berdasarkan kategori pedagang. Ini akan membantu regulator dan pelaku pasar untuk memiliki informasi yang lebih baik tentang berfungsinya pasar-pasar ini. (4) Kerangka kerja baru akan memperbaiki kondisi persaingan dalam perdagangan dan pembukaan instrumen keuangan. Ini penting untuk integrasi pasar modal UE yang efisien dan aman. Untuk tujuan ini, MiFID II menetapkan sebuah rezim Uni Eropa yang harmonis untuk akses non-diskriminatif ke tempat-tempat perdagangan dan counterparties sentral (PKC). Tempat perdagangan yang lebih kecil dan PKC yang baru dibentuk akan mendapat keuntungan dari periode transisi opsional. Rezim akses non-diskriminatif juga akan diterapkan pada tolok ukur untuk tujuan perdagangan dan kliring. Aturan transisi akan menjamin kelancaran penerapan ketentuan ini. (5) MiFID II akan memperkenalkan kontrol perdagangan untuk aktivitas perdagangan algoritmik yang secara dramatis meningkatkan kecepatan perdagangan dan dapat menyebabkan risiko sistemik. Pengamanan ini mencakup persyaratan agar semua pedagang algoritmik diatur dengan benar dan memberikan likuiditas saat menjalankan strategi pembuatan pasar. Selain itu, perusahaan investasi yang menyediakan akses elektronik langsung ke tempat perdagangan diharuskan memiliki sistem dan pengendalian risiko untuk mencegah perdagangan yang dapat menyebabkan pasar kacau atau melibatkan penyalahgunaan pasar. (6) Perlindungan investor yang kuat dicapai dengan memperkenalkan persyaratan organisasi yang lebih baik, seperti perlindungan aset nasabah atau tata kelola produk, yang juga memperkuat peran badan manajemen. Rejim yang baru ini juga menyediakan peraturan perilaku yang diperkuat seperti ruang lingkup yang diperluas untuk uji kelayakan dan informasi yang diperkuat kepada klien. Saran independen jelas dibedakan dari nasehat dan pembatasan yang tidak independen yang dikenakan pada penerimaan komisi (bujukan). MiFID II juga memperkenalkan kekuatan dan kondisi yang harmonis untuk ESMA untuk melarang atau membatasi pemasaran dan distribusi instrumen keuangan tertentu dalam keadaan yang terdefinisi dengan baik dan kekuatan serupa untuk Otoritas Perbankan Eropa (EBA) dalam hal deposito terstruktur. Mengenai Produk Ritel Retail Investment Products (PRIPS), kerangka kerja baru ini juga mencakup simpanan terstruktur dan memperbaiki Petunjuk Mediasi Asuransi (IMD) untuk memperkenalkan beberapa peraturan untuk produk investasi berbasis asuransi. (7) Kesepakatan tersebut memperkuat rezim yang ada untuk memastikan sanksi administrasi yang efektif dan harmonis. Penggunaan sanksi pidana dibingkai sehingga menjamin kerjasama antara pihak berwenang dan transparansi sanksi. Sistem harmonisasi kerjasama yang diperkuat akan memperbaiki deteksi efektif pelanggaran MIFID. (8) Rezim yang harmonis untuk memberikan akses ke pasar UE untuk perusahaan dari negara ketiga didasarkan pada penilaian kesetaraan yurisdiksi negara ketiga oleh Komisi. Rezim tersebut hanya berlaku untuk penyediaan layanan dan aktivitas investasi lintas batas yang diberikan kepada mitra kerja profesional dan yang memenuhi syarat. Untuk masa transisi tiga tahun dan keputusan kesetaraan yang tertunda oleh Komisi, rezim negara ketiga nasional terus berlaku. 3. Biaya dan manfaat diantisipasi MiFID II MiFID II diperkirakan akan memberlakukan biaya kepatuhan satu kali antara 512 dan 732 juta dan biaya yang terus berlanjut antara 312 dan 586 juta per tahun. Ini merupakan dampak untuk biaya satu kali dan berkelanjutan yang tidak melebihi 0,15 dari total pengeluaran operasional di sektor perbankan UE. Ini hanya sebagian kecil dari biaya yang dikenakan pada saat diperkenalkannya MiFID. Dampak biaya satu kali dari pengenalan MiFID diperkirakan sekitar 0,6 persen (bank ritel dan tabungan) dan 0,7 persen (bank investasi) dari total pengeluaran operasional. Biaya kepatuhan berulang diperkirakan sekitar 0,1 persen (bank ritel dan tabungan) sampai sekitar 0,2 persen (bank investasi) dari total pengeluaran operasional. Manfaat utama MiFID II akan sangat nyata, namun tidak mudah dihitung. Manfaat lapangan kerja tingkat membaik, transparansi pasar yang meningkat, transparansi yang lebih baik terhadap regulator dan kekuatan yang lebih kuat untuk regulator, peningkatan perlindungan investor dan kepercayaan investor tersirat di pasar keuangan, dan pengurangan risiko yang diambil dan dampak yang terkait pada Stabilitas keuangan pasar keuangan UE adalah keuntungan nyata, yang hampir tidak mungkin untuk menempatkan angka. B. Struktur pasar yang lebih kuat dan efisien 4. Bagaimana perkembangan dalam perdagangan di luar tempat-tempat yang dikategorikan dalam MiFID II ditangani Bagaimana perdagangan derivatif OTC standar ditangani Sebagian besar perdagangan saat ini dilakukan di luar tempat MiFID, pada Basis over-the-counter, terjadi pada platform broker yang beroperasi di pasar. Ini adalah platform terorganisir dan tidak diatur dimana instrumen keuangan semakin diperdagangkan. Hal ini menghambat proses pembentukan harga yang efektif. MiFID II menangani masalah ini dengan berbagai cara. Sehubungan dengan ekuitas, saham tersebut tunduk pada kewajiban perdagangan. Selanjutnya memastikan bahwa perusahaan investasi yang mengoperasikan sistem pencocokan internal yang menjalankan perintah klien dalam saham, penerimaan penyimpanan, dana yang diperdagangkan di bursa, sertifikat dan instrumen keuangan serupa lainnya secara multilateral harus diberi wewenang sebagai fasilitas perdagangan Multilateral (MTF). Transaksi bilateral akan dilakukan pada internalisers yang sistematis. Karena tidak ada yang namanya, MiFID II memperkenalkan kategori platform baru, sebuah fasilitas perdagangan terorganisir (OTF). Untuk mengatur dengan benar semua jenis perdagangan terorganisir dalam instrumen ini dan untuk tingkat lapangan bermain di UE. Tempat baru ini akan tunduk pada persyaratan inti yang sama untuk pengoperasian tempat perdagangan sebagai platform lain yang ada. Hal ini didefinisikan secara luas untuk menangkap semua bentuk perdagangan terorganisir dalam ketiadaan yang tidak sesuai dengan kategori yang ada. Perdaganan perdagangan OTF tidak akan diizinkan kecuali utang negara yang tidak likuid. Perdagangan pokok yang sesuai akan tersedia bila klien mengizinkan, kecuali untuk transaksi derivatif sesuai dengan kewajiban kliring sesuai dengan EMIR. Sebagai tambahan, MiFID II mewajibkan semua derivatif standar untuk diperdagangkan di tempat yang terorganisir dan transparan, yaitu di pasar yang diatur, MTF dan OTFs. Akibatnya, semua perdagangan terorganisir, dengan kata lain perdagangan yang berlangsung dalam sistem, yang saat ini berlangsung di luar tempat yang diatur akan di masa depan dilakukan di tempat-tempat yang diatur. Internaliser sistematik juga merupakan bagian dari perdagangan di luar platform. Mereka adalah perusahaan investasi yang berurusan dengan klien mereka secara terorganisir, dengan kata lain perdagangan apa pun yang melampaui kesepakatan ad hoc. Untuk mempertahankan tingkat lapangan bermain dan mendukung penemuan harga pasar secara luas, MiFID II memperluas peraturan transparansi khusus untuk perusahaan investasi yang bertindak sebagai pengurus internal yang sistematis di luar instrumen ekuitas selain saham yang peraturan transparansi SI sudah ada di bawah MIFID. I. Aturan transparansi baru untuk SIs juga diperkenalkan untuk non-ekuitas, termasuk obligasi, produk keuangan terstruktur, tunjangan emisi dan derivatif yang diperdagangkan di tempat perdagangan dan dimana ada pasar cair. 5. Bagaimana perdagangan derivat OTC standar dipindahkan ke tempat-tempat yang terorganisir sesuai dengan komitmen G20 Komitmen G20 menyatakan bahwa semua kontrak derivatif OTC standar harus diperdagangkan di bursa atau platform perdagangan elektronik, jika sesuai, dan dibersihkan melalui mitra sentral pada akhir Dari 2012. Untuk memenuhi komitmen ini di Eropa, semua perdagangan derivatif yang memenuhi syarat untuk pembukaan dan yang cukup likuid harus beralih ke pasar yang diatur, Fasilitas Perdagangan Multilateral atau ke fasilitas perdagangan baru yang terorganisir (OTFs). Otoritas Pasar dan Pasar Eropa (ESMA) harus menilai dan menentukan kapan turunan yang memenuhi syarat untuk kliring cukup likuid untuk diperdagangkan secara eksklusif di tempat perdagangan tersebut. Kriteria yang tepat untuk penilaian semacam itu perlu dipertimbangkan oleh ESMA. Pendekatan ini harus pragmatis dan cukup progresif untuk memperhitungkan kekhususan perdagangan masing-masing derivatif sambil memenuhi komitmen G20. 6. Apa yang diusulkan untuk kliring dan akses terhadap infrastruktur pasca-perdagangan Isu yang dipertaruhkan adalah tentang persaingan, stabilitas dan integrasi infrastruktur pasar UE. Meskipun model integrasi vertikal dari infrastruktur perdagangan dan pasca-perdagangan dapat menunjukkan keuntungan dalam hal koordinasi, namun juga dapat memperkenalkan inefisiensi sehubungan dengan persaingan dan transparansi harga. Pengenalan persyaratan akses non-diskriminatif dalam Peraturan tentang derivatif OTC, counterparties pusat dan repositori perdagangan (yang dikenal sebagai Peraturan Infrastruktur Pasar EMIR - Eropa lihat MEMO12232) adalah tanggapan terhadap efek negatif potensial ini. Sementara EMIR hanya mencakup derivatif OTC, MiFID II akan mencakup semua instrumen keuangan. Tempat perdagangan akan diminta untuk menyediakan akses, termasuk umpan data yang bersifat non-diskriminatif kepada mitra sentral (counterpartparters / CCPs) yang ingin menghapus transaksi yang dilakukan di tempat perdagangan dan PKC akan diminta untuk menghapus transaksi yang dilakukan di tempat perdagangan yang berbeda sesuai dengan ketentuan tertentu. Kondisi yang terdefinisi dengan baik. Ini misalnya, pengaturan akses tidak memerlukan pengaturan interoperabilitas (persyaratan tidak dapat dikenakan pada PKC yang harus mereka hubungkan dan cross-margin) dalam kasus derivatif yang diperdagangkan di bursa, dan hal itu tidak mengancam kelancaran dan tertib. Berfungsinya pasar, terutama karena fragmentasi likuiditas. Masalah fungibilitas akan diklarifikasi lebih lanjut: yaitu di mana keadaan kontrak dapat terjaring atau kurang diminimalkan. Aturan-aturan ini diperlukan untuk memastikan bahwa PKC tidak dapat menolak akses secara berlebihan dengan mengacu pada tidak adanya fungibilitas dan pada saat yang sama memberikan kejelasan lebih pada kapan PKC harus bersih atau melewati batas. Untuk memastikan konsistensi dengan ketentuan akses di bawah EMIR, yang mencakup derivatif OTC, disepakati untuk menyesuaikan persyaratan sehingga standar teknis peraturan untuk MIFIR dan EMIR harus sama. Pengaturan transitory telah diperkenalkan sehubungan dengan pertukaran derivatif yang diperdagangkan. Komisi harus menilai enam bulan sebelum masuk ke aplikasi apakah derivat yang diperdagangkan bursa harus dikeluarkan dari ruang lingkup (untuk jangka waktu maksimum 30 bulan) berdasarkan penilaian risiko. Jika menemukan bahwa tidak ada alasan untuk mengesampingkannya, PKC atau tempat perdagangan mungkin masih meminta otoritas yang kompeten untuk tidak tunduk pada kewajiban akses (transisi 30 bulan lagi) dengan memperhatikan risiko sistemik. MiFID II juga memastikan akses non-diskriminatif terhadap tolok ukur dimana beberapa turunan dibuat. Untuk tolok ukur baru, kewajiban tersebut dimulai 30 bulan setelah penggunaannya yang pertama. Bersama-sama peraturan ini akan mencegah praktik yang diskriminatif dan membantu menghilangkan hambatan yang menghambat persaingan dalam pembukaan instrumen keuangan. Akibatnya, penyedia yang ada atau yang baru akan mampu bersaing memperebutkan layanan perdagangan atau kliring sentral. Untuk memastikan bahwa beban lingkungan peraturan baru bertahap secara proporsional, untuk derivatif perdagangan bursa dan tempat perdagangan yang berada di bawah ambang batas yang relevan, dan untuk sekuritas yang dapat dipindahtangankan, PKC yang baru dibentuk dapat memanfaatkan masa transisi 30 bulan . 7. Bagaimana kebutuhan untuk meningkatkan akses UKM terhadap pasar modal dipertimbangkan Usaha kecil dan menengah (UKM) di seluruh Eropa memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, ketenagakerjaan, inovasi dan integrasi sosial. Dua sumber utama pendanaan untuk perusahaan semacam itu adalah pembiayaan swasta oleh bank atau institusi lain dan meningkatkan pembiayaan melalui pasar modal (misalnya penerbitan saham). Pasar UKM bertujuan untuk menyediakan perusahaan-perusahaan kecil yang tumbuh dengan platform untuk meningkatkan modal baik melalui penawaran awal dan penggalangan dana yang sedang berlangsung. Namun, tidak semua pasar ini telah berhasil. Untuk memfasilitasi akses pasar modal bagi UKM yang lebih baik, MiFID II memperkenalkan label khusus untuk pasar UKM dengan menciptakan pasar tailor-made baru untuk UKM, di bawah kerangka MTF. Pendaftaran pasar ini harus meningkatkan visibilitas dan profil mereka dan juga mengarah pada standar peraturan pan-Eropa yang umum yang disesuaikan dengan kebutuhan emiten dan investor di pasar ini sambil mempertahankan tingkat perlindungan investor tingkat tinggi yang ada. Ini juga akan memberikan label yang berkualitas untuk platform yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan UKM. C. Memperhitungkan inovasi teknologi 8. Bagaimana masalah yang diangkat oleh perdagangan frekuensi algoritmik dan frekuensi tinggi ditangani Algoritma perdagangan adalah bentuk perdagangan dimana algoritma komputer secara otomatis memutuskan untuk melakukan pemesanan dengan intervensi minimal atau tanpa manusia. Bentuk penting dari perdagangan algoritmik adalah perdagangan dengan frekuensi tinggi, di mana sistem perdagangan menganalisis pasar dengan kecepatan tinggi dan kemudian mengirimkan sejumlah besar pesanan dengan sangat cepat. MiFID II memperkenalkan serangkaian pengamanan baik pada pelaku pasar yang menggunakan algoritma sebagai bagian dari strategi perdagangan mereka maupun pada tempat perdagangan dimana perdagangan frekuensi dan frekuensi tinggi terjadi: (1) Persyaratan informasi oleh regulator terhadap strategi berbagai pedagang algoritmik Akan ditingkatkan, dan pemeriksaan ketat akan dikenakan pada pengaturan dimana anggota tempat perdagangan mengizinkan perusahaan lain menggunakan algoritme untuk mengakses pasar umum melalui sistem mereka (akses elektronik langsung). Saat ini, regulator tidak mengetahui jenis strategi yang digunakan, dimana strategi dibuat, dan anggota mungkin tidak memeriksa strategi apa yang digunakan orang-orang yang menggunakan sistem mereka dan bagaimana orang-orang mengendalikan strategi mereka. (2) Pedagang Algoritma harus terdaftar sebagai perusahaan investasi dan menerapkan sistem dan pengendalian risiko yang efektif. Ketika terlibat dalam strategi pembuatan pasar, mereka diminta untuk memberikan penawaran harga kompetitif untuk memberikan likuiditas secara reguler yang akan memberi kontribusi pada perdagangan yang lebih teratur. (3) Tempat perdagangan juga diperlukan untuk memiliki kontrol yang kuat terhadap masalah seperti perdagangan yang tidak teratur, pergerakan harga yang tidak menentu, dan kelebihan kapasitas. Untuk mengurangi yang terakhir, pembatasan seberapa jauh venue dapat bersaing dalam menarik arus pesanan akan dikenakan misalnya dengan mengurangi ukuran dimana harga naik atau turun (ukuran kutu) atau melalui desain struktur biaya mereka. (4) Akhirnya, MiFID II akan meminta venue untuk bisa menghentikan perdagangan jika terjadi pergerakan harga yang signifikan (circuit breaker) secara harmonis. D. Transparansi yang meningkat 9. Apa proposal untuk meningkatkan transparansi pasar ekuitas, termasuk masalah kolam gelap Di semua pasar, pembeli perlu mengetahui permintaan penjual dan sebaliknya. Namun, transaksi grosir sering dilakukan dengan harga non-publik. Hal yang sama berlaku untuk instrumen keuangan. Oleh karena itu, kolam gelap, atau platform tempat minat perdagangan berinteraksi tanpa pengungkapan pra-perdagangan penuh kepada pengguna lain atau masyarakat umum, merupakan fitur umum pasar keuangan. MiFID II terus membiarkan keringanan dari transparansi pra-perdagangan, namun hanya selama tidak menimbulkan distorsi yang kompetitif dan mengurangi keseluruhan efisiensi proses penemuan harga. Regulator keuangan dapat memberikan keringanan dari kewajiban transparansi untuk: (i) transaksi yang berskala besar dibandingkan dengan ukuran pasar normal (cekungan dalam ukuran besar) (ii) sistem dimana harga ditentukan dengan mengacu pada harga yang dihasilkan oleh sistem lain (referensi (Iii) sistem yang memformalkan transaksi yang dinegosiasikan, asalkan memenuhi kriteria tertentu (wudan harga yang dinegosiasikan) (iv) pesanan yang diadakan di fasilitas pengelolaan pesanan di tempat perdagangan sambil menunggu pengungkapan (keringanan manajemen pesanan). Untuk menghindari dampak negatif pada proses pembentukan harga dan untuk memastikan bahwa perdagangan saham dilakukan di tempat yang diatur secara transparan semaksimal mungkin, penggunaan keringanan tunduk pada pembatasan tertentu. MiFID II memperkenalkan mekanisme topi volume ganda yang membatasi penggunaan keringanan harga referensi dan keringanan harga yang dinegosiasikan (4 per tempat tutup dan 8 tutup global). Selain itu, penggunaan pembebasan harga referensi tunduk pada mekanisme peningkatan harga, yaitu perintah harus disesuaikan pada titik tengah dalam tawaran saat ini dan harga penawaran dari tempat perdagangan. Bila harga titik tengah tidak tersedia, pesanan bisa dicocokkan pada harga buka atau penutupan dari sesi perdagangan yang relevan. Pembatasan ini tidak berlaku untuk keringanan untuk transaksi dalam skala besar karena melindungi investor yang menjual sejumlah besar saham (juga tidak menerapkannya sehubungan dengan fasilitas pengelolaan pesanan). Harus mengungkapkan pesanan besar akan menggerakkan pasar turun, yang berarti mereka akan menjual dengan harga lebih buruk. Kondisi spesifik, di mana pengabaian dapat beroperasi, seperti untuk saham hari ini, didefinisikan dalam menerapkan langkah-langkah. Akhirnya, MiFID II memperluas rezim transparansi menjadi indikasi kepentingan yang dapat ditindaklanjuti, instrumen ekuitas selain saham, termasuk penerimaan penyimpanan, dana dan sertifikat yang diperdagangkan. Aturan transparansi yang ada untuk internaliser yang sistematis akan terus berlaku terhadap saham, sementara ketentuan baru diperkenalkan untuk instrumen mirip ekuitas (seperti tanda terima penyimpanan, ETFs (exchange traded funds), sertifikat). 10. Apakah pengenalan rekaman konsolidasi wajib untuk data perdagangan dipertimbangkan Pelaporan, publikasi dan konsolidasi data perdagangan perlu ditangani karena masalah dengan format, biaya, kualitas dan keandalannya. Data perdagangan membantu investor untuk menemukan harga yang tepat saat mencari untuk membeli atau menjual, dan untuk memeriksa apakah mereka mendapatkan harga terbaik dengan membandingkan harga yang mereka dapatkan dengan harga pasar lainnya. MiFID II memperbaiki situasi dengan memperkenalkan langkah-langkah untuk memastikan kualitas dan konsistensi data serta langkah-langkah untuk mengurangi biaya data. Sebuah kaset konsolidasi wajib memberikan catatan perdagangan eksekusi yang konsisten dan dapat diandalkan akan ditetapkan oleh penyedia data yang berwenang melakukannya berdasarkan standar harmonis yang ditetapkan dalam MiFID. Berdasarkan data perdagangan ini untuk seluruh UE, investor akan dapat membuat pilihan yang lebih tepat. 11. Bagaimana persyaratan transparansi pra dan pasca perdagangan melampaui saham dan mengapa Saat ini, MiFID memberlakukan persyaratan transparansi pra dan pasca perdagangan yang disesuaikan hanya pada saham yang mengaku diperdagangkan di pasar yang diatur. MiFID II juga memasukkan persyaratan untuk instrumen lainnya, yaitu untuk instrumen ekuitas selain saham yang mengaku melakukan perdagangan di pasar yang diatur (tanda terima penyimpanan, dana yang diperdagangkan, sertifikat dll) dan tidak ada ketentuan (obligasi, produk keuangan terstruktur, tunjangan emisi dan derivatif yang diperdagangkan Di tempat trading). Karena struktur pasar yang berbeda dalam instrumen non-ekuitas dibandingkan dengan ekuitas, rezim transparansi yang tepat dikalibrasi untuk berbagai tipe instrumen dan model perdagangan. Pengecualian akan tersedia untuk pesanan skala besar, pesanan yang diadakan di fasilitas manajemen pesanan, derivatif yang tidak tunduk pada kewajiban perdagangan dan instrumen kelayakan yang tidak ada pasar cair. Pelepasan juga dapat diberikan untuk indikasi ketertarikan pada sistem permintaan untuk penawaran dan perdagangan suara yang berada di atas ukuran yang spesifik untuk instrumen tersebut, yang akan mengekspos penyedia likuiditas ke risiko yang tidak semestinya. Dalam hal ini, tempat perdagangan membuat publik setidaknya tawaran pretrade indikatif dan harga penawaran. Persyaratan transparansi pretrade harus ditentukan lebih lanjut dalam menerapkan langkah-langkah. Persyaratan pasca perdagangan, yang akan dijelaskan secara rinci dalam pelaksanaan undang-undang, akan berlaku untuk semua obligasi dan produk keuangan terstruktur serta semua derivatif yang diperdagangkan di tempat perdagangan. Publikasi rincian transaksi dapat ditangguhkan dalam keadaan yang ditentukan. Persyaratan pra-perdagangan, yang juga harus diperinci lebih lanjut dalam menerapkan undang-undang, dipaksakan untuk instrumen seperti instrumen dan instrumen taksiran ekuitas saat ditawarkan oleh perusahaan investasi yang bertindak sebagai internaliser dalam perdagangan over-the-counter. Alasan untuk memperkenalkan persyaratan transparansi pra dan pasca perdagangan untuk instrumen ini adalah bahwa tidak adanya persyaratan transparansi yang harmonis di pasar ini telah dirasakan oleh banyak orang, termasuk regulator sekuritas EU, untuk menghasilkan formasi harga yang tidak efisien dan tidak adil dan risiko yang lebih tinggi. Daripada yang seharusnya terjadi. 12. Apakah MIFID II merupakan awal dari peraturan harga di bidang data pasar Pelaku pasar memerlukan data aktivitas perdagangan, harga dan volume untuk membuat keputusan tentang bagaimana dan kapan harus berinvestasi. Data harus tersedia secara setara dan mudah diakses. Saat ini, berbagai insentif ada bagi penyedia data dan vendor untuk menjual datanya sesuai tarif atau dengan cara yang tidak sesuai dengan basis komersial yang wajar atau dengan konsolidasi data langsung dengan data serupa dari sumber lain yang diimpikan MiFID. MiFID II memberikan pada tujuan ini. Menerapkan undang-undang akan menentukan lebih jauh basis komersial yang masuk akal untuk membuat rezim tersebut efektif. E. Kekuatan pengawasan yang diperkuat dan kerangka kerja yang lebih ketat untuk pasar derivatif komoditas 13. Bagaimana MIFID II mengatur turunan komoditas Pertama, tunjangan emisi telah dibawa ke dalam lingkup MIFID (lihat pertanyaan 14 di bawah) dan definisi instrumen keuangan telah diperluas Untuk memasukkan kontrak komoditas yang dapat diselesaikan secara fisik yang diperdagangkan di tempat perdagangan MIFID, termasuk OTF yang baru didirikan. Kedua, lebih sedikit perusahaan komoditas akan dibebaskan dari MiFID II ketika mereka menangani sendiri akun mereka di instrumen keuangan atau memberikan layanan investasi pada derivatif komoditas berdasarkan tambahan sebagai bagian utama mereka. Bisnis dan kapan mereka bukan anak perusahaan kelompok keuangan. Peraturan baru mempersempit pembebasan yang ada untuk kepentingan pengawasan peraturan dan transparansi yang lebih besar dengan mempertimbangkan perlunya pembebasan terus-menerus untuk perusahaan komersial dan risiko yang ditimbulkan oleh para pemain ini. Ketiga, MiFID II menyediakan kekuatan pengawas yang diperkuat dan batas posisi yang selaras membatasi pasar komoditas derivatif untuk mendukung penetapan harga yang tertib dan mencegah penyalahgunaan pasar. Ini akan membantu regulator dan pelaku pasar untuk memiliki informasi yang lebih baik tentang berfungsinya pasar-pasar ini. Kekuatan yang harmonis dan komprehensif diberikan kepada regulator keuangan untuk memantau dan melakukan intervensi pada tahap apapun dalam aktivitas perdagangan di semua derivatif komoditas, termasuk dalam bentuk batasan posisi yang ditetapkan sesuai dengan metodologi ESMA untuk perhitungan jika ada kekhawatiran dalam hal integritas pasar atau tertib Fungsi pasar. Tempat-tempat yang menawarkan perdagangan derivatif komoditas juga diharuskan untuk menerapkan kontrol manajemen posisi transparan dan non-diskriminatif yang sesuai pada platform mereka, untuk memantau posisi dan, jika perlu, meminta pemegang untuk mengurangi atau menghentikan posisi atau untuk memberikan likuiditas kembali ke pasar. Rincian kontrol ini harus dikomunikasikan ke ESMA. MIFIF II meningkatkan transparansi aktivitas perdagangan di semua tempat perdagangan terorganisir dengan memperkenalkan kewajiban pelaporan posisi berdasarkan kategori pedagang. Informasi yang harmonis dan terpilah ini akan membantu regulator dan pelaku pasar untuk menilai peran arus keuangan di pasar ini secara lebih baik. Selain itu, persyaratan transparansi pra dan pasca perdagangan diperluas ke derivatif yang diperdagangkan di tempat perdagangan, termasuk derivatif komoditas. Juga, perdagangan wajib di tempat-tempat yang terorganisir akan berlaku untuk derivatif komoditas. 14. Mengapa tunjangan emisi sekarang termasuk dalam lingkup MiFID dan Trading Directive Market Abuse dalam derivatif tunjangan sudah berada di bawah cakupan MiFID dan Market Abuse Directive (IP14424). Dengan sekarang membawa tunjangan emisi di bawah kerangka kerja yang sama, peraturan mengenai perdagangan tunjangan emisi (EUA), pasar spot akan disesuaikan dengan apa yang berlaku untuk pasar derivatif EUA. Bersama-sama, MiFID dan peraturan tentang penyalahgunaan pasar memberikan kerangka kerja komprehensif untuk perdagangan instrumen keuangan dan integritas pasar. Perluasan ke EUA akan mengenalkan keamanan yang lebih besar bagi para pedagang EUA namun tanpa mengganggu tujuan pasar, yang tetap mengurangi emisi. 15. Kontrak energi apa yang tercakup dalam MiFID II, yang dikecualikan dan mengapa Proposal Komisi memasukkan sebagai instrumen keuangan semua kontrak komoditas diperdagangkan di semua jenis tempat perdagangan dan yang dapat diselesaikan secara fisik berada dalam lingkup MiFID II. Ini karena instrumen ini secara ekonomi setara dengan instrumen keuangan dan dapat digunakan seperti instrumen keuangan dan menimbulkan risiko serupa. However the final text excludes wholesale energy contracts covered under the Regulation on the integrity and transparency of the market wholesale energy (REMIT) because these contracts are subject to a certain level of regulation and supervision comparable with financial markets legislation and so their exclusion is justified as a proportional amendment to avoid unnecessary dual regulation. Oil and coal physically settled contracts are not however subject to similar legislation and so will be included as financial instruments for the purposes of MiFID II and therefore subject, amongst other things, to position limits and transparency requirements. However, many of these contracts are not currently cleared and so to ensure a smooth transition, the application of EMIR provisions to these physically settled oil and coal contracts traded on an OTF are deferred. The EMIR provisions will not apply for six years after the entry into force of MiFID II. This transition period can be extended once by two years and once by one year. Before taking any decision on the extension or non-extension of this initial transition period by two years, the Commission will have to assess the potential impact on the energy prices as well as the benefits in terms of reducing counterparty and systemic risks and if necessary propose legislative solutions. F. Reinforced supervisory powers and a stricter framework for commodity derivative markets 16. What role will ESMA play in relation to the revised MiFID ESMA already plays an important role in advising the Commission on possible regulatory changes and in ensuring convergent application of the rules across Member States. Many of the proposed changes in MiFID II stem from advice received from ESMA, and it is foreseen that it will play a major part in developing most of the technical implementing measures necessary to ensure the full functioning of the regulatory framework. In terms of specific supervisory tasks, ESMA has an increased role in, for example, determining the conformity with MiFID II of individual cases where venues propose to waive pre-trade transparency (dark pools). In accordance with the mandate defined in the ESMA regulation and in line with ESMA powers conferred in the Regulation of 14 March 2012 on short selling and certain aspects of credit default swaps ( MEMO11713 ), it will also take any steps necessary to coordinate actions by national competent authorities with regard to waivers from pretrade transparency, products considered risky from the point of view of investor protection or financial stability as well as positions in commodity derivatives by specific market participants deemed excessively large. 17. What purpose does transaction reporting serve and what measures are being proposed Investment firms have to report all their trades to competent authorities (in all financial instruments that are admitted to trading on a regulated market or MTF as well as those traded on an MTF or OTF). This obligation also applies to financial instruments where the underlying is a financial instrument traded on a trading venue, an index or a basket composed of financial instruments traded on a trading venue. This means that the reporting obligation applies regardless of where the trade takes place. This system of transaction reporting enables supervisors to monitor the activities of investment firms, which helps them to ensure compliance with MiFID II, and to monitor for abuses under the Market Abuse Regulation. Because transaction reporting mainly serves the purposes of supervision, the requirements under MiFID II mirror the scope of the Market Abuse Regulation. To this end, MiFID II extends the scope of transaction reporting to all financial instruments, with the exception of instruments which are not susceptible to or could not be used for market abuse. Second, reporting requirements today diverge between Member States, which adds costs for firms and limits the use of trade reports for competent authorities. By including the reporting requirements in MiFIR, the requirements are further harmonised, notably the information that identifies who is trading and for whom a trade is being executed. Also, ESMA is empowered to propose technical standards on a common European transaction reporting format and content. Finally, for cost and efficiency purposes, double reporting of trades under MiFID II and the reporting requirements to trade repositories should be avoided. MiFID II proposes that a trade already reported to a repository will not need to be reported again under MiFID II, provided all the necessary information is thereby available to competent authorities. G. Stronger investor protection 18. How will MiFID II better protect investors MiFID includes a number of measures aimed at protecting investors in the context of the provision of investment services. Those rules take into account the type of services (for instance, investment advice or execution of orders) and the classification of clients, with higher protection granted to retail clients. The MiFID rules include both conduct of business requirements (for instance, collecting sufficient information to ensure that the products provided are suitable or appropriate for the client) and organisational requirements (for instance, requirements to identify and manage any conflicts of interest). However, modifications and improvements are introduced to strengthen the framework for the provision of services. First, the scope of the Directive is broadened in order to cover financial products outside the scope of MiFID I but which satisfy similar investor needs and raise comparable investor protection challenges. In the future, the sale of structured deposits will have to comply with several MiFID requirements, and in particular with conduct of business and conflicts of interest rules. MiFID II will also extend some of the information to clients and conflict of interest requirements to insurance-based investment products by amending the Insurance Mediation Directive 200292EC. Second, conduct of business requirements are modified in order to grant additional protection to investors. The rules for investment advice are improved both when advice is provided on an independent basis and in the long term. Advisers declaring themselves as independent will need to match the clients profile and interests against a broad array of products available in the market and say whether they will provide the client with a periodic assessment of the suitability of advised products. Independent investment advisers and portfolio managers will be required to transfer all fees, commissions or any monetary benefits paid or provided by a third party to the client who should be accurately informed about all such commissions. The conditions for services where investors receive less protection from firms are more limited. In particular, the Directive clarifies the conditions and situations in which investors are able to transact freely in certain non-complex instruments with minimal protection afforded by investment firms. Third, organisational requirements for the provision of services to investors are strengthened. For instance, the involvement of senior management in the design of the firms policies as to how products and services may be sold or provided to their clients and the adoption of adequate internal controls is consolidated. Also, MiFID II introduces harmonised powers and conditions for national competent authorities, the European Securities and Markets Authority (ESMA) and the European Banking Authority (EBA) to prohibit or restrict the marketing and distribution of certain financial instruments and structured deposits, financial activities or practices in case of threats to investor protection, financial stability or the orderly functioning of markets. 19. Will UCITS be included under MiFID as a result of the MiFID review Will the classification of some UCITS as complex instruments change their status under the UCITS directive Shares or units in UCITS (Undertakings for Collective Investments in Transferable Securities) are financial instruments and therefore investment services relating to them are already fully covered under MiFID. The issue which is addressed in the MiFID review concerns their classification as complex or non-complex instruments. The distinction is relevant in order to establish the application of the execution-only regime, under which investment firms or banks selling certain instruments are subject to less stringent rules for the protection of retail investors. In particular they are not obliged to assess whether the client has the knowledge and experience to understand the financial instrument the so-called appropriateness test. The execution only regime only applies to non-complex financial instruments. So far, all UCITS have been classified as non-complex instruments. In the meantime, however, certain UCITS have become more complex and the UCITS legislation itself reflected the separate and distinct characteristics of such structured UCITS which, on account of their pay-off formula raise additional challenges for investors to understand how they operate. For this reason - for the mere purpose of the execution only regime - MiFID II maintains the general classification of UCITS as non-complex instruments but it introduces the exception of structured UCITS which will now be treated as complex instruments for the purposes of the execution-only regime. The objective is to ensure that investment firms will be obliged to request information on their clients knowledge and experience, in order to assess the appropriateness of these instruments for them. H. MIFID II and relation with other pieces of financial regulation, choice of legal instruments 20. How does the revision of MiFID fit with other European legislation, such as the Market Abuse Directive, Over-the-Counter derivatives, short-selling, and Packaged Retail Investment Products (PRIPs) The revision of the Market Abuse Directive (MAD) and MiFID has been considered at the same time because together they guarantee the competitiveness, efficiency and integrity of EU financial markets. In order to ensure that they are fully coherent and support each others objectives and principles, they needed to be updated in tandem. Moreover, the pan-EU competition facilitated by MiFID has given rise to new challenges in terms of cross-border supervision, and maximum harmonisation of the rules and competent authorities powers in relation to offences are a necessary step. MiFID applies to the provision of investment services or activities by banks and investment firms in relation to financial instruments and to the operation of regulated markets. The objective is to support the development of a more integrated, competitive and efficient EU market in financial instruments with appropriate rules regarding conditions for authorisation as investment firms, organisational requirements to ensure they are managed appropriately, market transparency and investor protection. The Regulation on OTC derivatives, central counterparties and trade repositories (EMIR) on the one hand, and the Regulation on short-selling and credit default swaps on the other, have different objectives and therefore complement MiFID. The former aims to minimise counterparty credit risk and operational risk, while the latter increases harmonisation and transparency, and mitigates risks associated with short selling and the use of credit default swaps. Packaged retail investment products (PRIPs) are common products in the retail investment market, with broadly comparable functions for investors while taking a variety of legal forms. While offering benefits for investors, PRIPs are often complicated and opaque. In line with the Regulation to improve the quality of information that is provided to consumers ( MEMO14299 ), MiFID II addresses some of the problems identified in the PRIPs market by creating a robust and coherent framework in the areas of information about the product to clients and the rules governing the sales process for those PRIPs that are financial instruments or structured deposits, such as the conduct of business and the conflicts of interest requirements for intermediaries distributing these products. At the same time, the measures on product disclosure proposed in the PRIPs context complement the investor protection measures on investment advice and sales services regulated under MiFID. 21. Why are some elements of MiFID placed in a directive and others in a regulation Which parts will be in which instrument As in other pieces of EU financial services regulation, the split reflects the need to achieve a uniform set of rules in some areas, while allowing for national specificities in others. The De Larosire report highlighted that one of the problems leading to the crisis was an inconsistent implementation of financial services rules leading to a fragmented internal market. As a result, a Regulation (MiFIR) sets out requirements on: the disclosure of data on trading activity to the public and transaction data to regulators and supervisors the mandatory trading of derivatives on organised venues removing barriers between trading venues and providers of clearing services to ensure more competition, and specific supervisory actions regarding financial instruments and positions in derivatives. Such a harmonised approach will help avoid confusion in the daily functioning of markets, and minimise opportunities for harmful regulatory arbitrage between Member States. The Directive (MiFID) amends existing provisions on authorisation and organisational requirements for providers of investment services, and all rules regarding investor protection, including for firms located in third countries but actively engaged in EU markets. Also, the Directive specifies requirements in relation to the authorisation and organisational rules applicable to different types of trading venues, providers of market data and other reporting services, as well as the complete powers to be granted by Member States to national competent authorities, including the framework of sanctions for breaches of the rules. These provisions are best situated in a Directive to account for differences in national markets and legal structures as well as the profile of local investors. I. MIFID and international issues 22. How is the treatment of firms and market operators from outside the EU being considered The access of third country firms to the EU markets was not harmonised under MiFID I. Each Member State could introduce its own third country regime, subject to the general principles of the EU Treaties and provided that national provisions did not result in treatment more favourable than that given to the EU firms. In order to overcome the existing fragmentation and to ensure a level playing field in the EU for third country firms, MiFID II introduces a harmonised third country equivalence regime for the access of third country investment firms to the EU when providing services to professional clients per se and eligible counterparties. The access will be preceded by an equivalence decision taken by the Commission. Third country firms for which a decision is adopted will be able to request to provide services in the EU, without having to establish a branch in a Member State. For three years after the equivalence decision is made, Member States are allowed to apply national rules for provision of services and activities by third country investment firms. Likewise, as long as an equivalence decision is not taken, thirdcountry firms will continue to operate in Member States according to national regimes but will not benefit from the EU passport (they will not be able to provide services to professional and eligible counterparties in the entire EU). The equivalence process for a specific third country is initiated by the Commission but Member States can indicate their interest that a specific jurisdiction(s) is subject to the equivalence assessment. The equivalence assessment is outcome based (not line-by-line) and it means that the Commission will be looking into whether the third-country regulatory (prudential and business conduct requirements) and supervisory framework achieves the same objectives as the EU legislation. The third-country framework needs to provide for an effective equivalent system for the recognition of investment firms authorised under third-country legal regimes. Once the Commission has adopted an equivalence decision with respect to a specific third-country and that ESMA has established cooperation arrangements with the competent authorities of that third-country, the operators from that third-country will simply have to submit an application with ESMA and once registered with ESMA they will freely provide services to professional clients per se and eligible counterparties. With respect to provision of services by third country firms to retail clients, Member States will continue to apply national rules. The Commission regrets that there is not a fully EU harmonised third-country regime for retail clients but understands that the specificities and the increased level of protection for retail clients may also justify why Member States wished to maintain their national regimes. However, where Member States have chosen to require that third-country firms intending to provide investment services to retail clients establish a branch in their territory, the Directive harmonises the requirements (core organisational and conduct of business rules) with which the branch of a third-country firm will have to comply in order to be authorised by the competent authority of a Member State, but that branch will not have the right to provide services to retail clients in other Member States. In this sense, by third-country firms should see this as a positive step forward as it reduces divergences across EU Member States and therefore the legal and regulatory costs for third-country operators. In addition, MiFID II will not apply when investment services are provided at the exclusive initiative of EU clients. This exemption will apply only to the service or activity initiated by the client. An initiative by the client shall not entitle the thirdcountry firms to market new categories of investment products or services to that client and still benefit from the above exemption. 23. How does MiFID II compare to what other jurisdictions in the world are doing, in particular the United States MIFID II is the legislation through which the EU has implemented a number measures to meet our G20 commitments, in particular in relation to derivatives and is in line with the principles of regulation established by the International Organisation of Securities Commissions (IOSCO). This helps ensure convergence with other jurisdictions, including the US, Australia, Asia, and South America. Other jurisdictions are at different stages in the process of implementation, with some further advanced than others. Many provisions of MiFID II reflect core precepts in the regulation of securities markets globally. However, different jurisdictions have rules specific to their own markets. Assessments of comparability, as is the case under equivalence assessments for third-country recognition, should not be made on a line-by-line basis but rather look at the totality of the relevant legislation in terms of achieving the relevant objectives. As regards the US, MiFID II covers areas addressed by various pieces of US financial markets regulation such as the Securities Exchange Act and the Commodity Exchange Act. Like the Dodd-Frank Act, which amends these texts, the review of MiFID both amends provisions already in force and adds measures in light of the financial crisis and other market developments. The US and EU approaches and legislation are very much aligned in terms of achieving the same objectives. For example, the revised MiFID complements the regulation on OTC derivatives, central counterparties and trade repositories (EMIR). For more information: The MiFID regulatory framework consists of a framework Directive (Directive 200439EC), an Implementing Directive (Directive 200673EC) and an Implementing Regulation (Regulation No 12872006)Glossary of trading terms Spread bets and CFDs are leveraged products and can result in losses that exceed deposits. The value of shares, ETFs and ETCs bought through a share dealing account, a stocks and shares ISA or a SIPP can fall as well as rise, which could mean getting back less than you originally put in. Please ensure you fully understand the risks and take care to manage your exposure. CFD, share dealing and stocks and shares ISA accounts provided by IG Markets Ltd, spread betting provided by IG Index Ltd. IG is a trading name of IG Markets Ltd (a company registered in England and Wales under number 04008957) and IG Index Ltd (a company registered in England and Wales under number 01190902). Registered address at Cannon Bridge House, 25 Dowgate Hill, London EC4R 2YA. Both IG Markets Ltd (Register number 195355) and IG Index Ltd (Register number 114059) are authorised and regulated by the Financial Conduct Authority. Excludes binary bets, where IG Index Ltd is licensed and regulated by the Gambling Commission, reference number 2628. IG Index supports responsible gambling, for information and advice please visit gambleaware. co. uk . The information on this site is not directed at residents of the United States, Belgium or any particular country outside the UK and is not intended for distribution to, or use by, any person in any country or jurisdiction where such distribution or use would be contrary to local law or regulation. Trading venues under MiFID II: will I be operating an organised trading facility Published on: Apr 24th, 2012 8220We support the proposals in MiFID II to define a new type of trading venue 8211 the organised trading facility (OTF) 8211 as the basis for bringing an existing trading space for liquid and standardised OTC derivatives within a more structured regulatory box.8221 Speech by David Lawton, acting director, Markets, FSA at the BBA MiFID Conference, London, January 30, 2012 8220Regulated Markets8221 (RMs), 8220Multi-lateral Trading Facilities8221 (MTFs) and 8220Systematic Internalisers8221 (SIs). These were among the most scrutinised technical jargon of the first Markets in Financial Instruments Directive (MIFID) which was implemented in the UK in November 2007. In keeping with this spirit, MiFID II introduces novel technical concepts for regulators and the regulated to grapple with. One of the most hotly debated of these is the proposed new category of regulated trading arena: the OTF. Recital 13 of MiFID II, as currently drafted, states that 8220OTF is any system or facility in which multiple third party buying and selling interests interact in the system8221. This broad definition has caused some confusion, leading many to define an OTF with reference to what it is not, such as an RM or a MTF. Markus Ferber, German MEP and the rapporteur for MiFID II, stated in March 2012 that: 8220The main difference between regulated markets and multilateral trading facilities on the one hand and OTFs on the other hand is that for OTFs there is a degree of discretion over how a transaction should be executed8221. The extent of the element of discretion that an OTF operator has over execution has therefore become the key distinguishing feature between an OTF and a RM or MTF. This is because RMs and MTFs have regulations mandating how trades are executed. Some commentators have attempted to define an OTF with reference to the comparable US concept of the 8220Swap Execution Facility8221 (SEF). The Dodd-Frank Wall Street Reform and Consumer Protection Act defines a SEF as 8220a facility, trading system or platform in which multiple participants have the ability to execute or trade swaps by accepting bids and offers made by other participants that are open to multiple participants in the facility or system, through any means of interstate commerce8221. Whilst apparently similar to the definition in Recital 13, differences between the substantive elements of the draft MiFID II and the Dodd Frank threaten to cause the OTF and SEF to emerge as distinct venue types. For example, as currently drafted, MiFID II gives an operator of an OTF more flexibility over execution methods because an OTF operator can engage in voice, voiceelectronic hybrid and electronic brokering, whereas his SEF counterpart is limited to electronic brokering only. What type of regulated entity is most likely to be affected by the regulation of OTFs Any firm operating internal crossing (matching client orders against each other, but not mere order routing) or derivatives trading systems is most likely to be affected by the regulation of OTFs. Accordingly, 8220sell side8221 firms such as banks and brokerages will be most affected, but even crossing systems operated by asset managers could be caught. Why is the EU seeking to regulate OTFs Paragraph 3.4.1 of the Explanatory Memorandum to the MiFID II proposal cites that one of its central aims is to ensure that all organised trading is conducted on regulated trading venues. The EU8217s desire to regulate OTFs forms part of its wider drive to reign in 8220opaque8221 markets, products and services in the aftermath of the global financial crisis. By ensuring that all organised trading is conducted on regulated venues, the EU is hoping that investor protection, price discovery and, ultimately, liquidity will be enhanced. As such, the new OTF regime, as currently proposed, will interact substantially with other EU initiatives such as mandating central clearing (via the European Markets and Infrastructure Regulation (EMIR)) and the imposition of position limits (also via MiFID II). What regulatory requirements will OTFs be subject to As currently drafted, the explanatory memorandum to MiFID II explicitly states that 8220the requirements in terms of organisational aspects and market surveillance applicable to all three venues (RMs, MTFs and OTFs) are nearly identical8221. The 8220common8221 requirements are as follows: 8211 a firm must receive authorisation from its regulator to operate an OTF and justify why it does not constitute and cannot operate as, an RM, MTF or SI 8211 a firm must provide its regulator with a description of its OTF, with particular focus on how it will function. The regulator will then forward this information to the European Securities and Markets Authority (ESMA) which will add the OTF to a EU wide list maintained on its website 8211 the firm must put in place arrangements, policies, procedures andor rules governing the following: o access to the OTF, with a focus on suitabilityappropriateness for a prospective client o which instruments can be traded on the OTF o fair and orderly trading, with objective criteria for efficient execution o the efficient settlement of transactions o sound management of technical operations associated with the OTF, including contingency planning o the monitoring of transactions for rule breaches, disorderly conditions and suspicious activities (particularly in relation to market abuse) o setting and monitoring position limits in certain commodities o the retention of relevant records and o appropriate management oversight of the above. There are also some requirements in MiFID II that are unique to operators of OTFs, including: 8211 a prohibition on an OTF operator executing orders against his own proprietary capital (there is some flexibility for occasional, ad hoc, irregular 8220prop8221 trades) and 8211 a prohibition on the orders of different OTF operators interacting. These specific requirements are designed to ensure the neutrality of the OTF operator, although there are concerns that they could reduce liquidity in certain markets where large proportions of derivatives are traded against a broker8217s own capital, most notably the European interest rate swaps market. Accordingly, the FSA is keen for this requirement to be replaced with stringent provisions on conflicts management. The powers of regulators will also be expanded to accommodate OTFs, most notably the power to order the suspension or removal of an instrument from trading. A few issues are yet to be ironed out with the draft MiFID II directive. Markus Ferber8217s recent draft report (March 2012) arising from the European Parliament8217s review of the draft directive proposed limiting the OTF category to non-equities to ensure regulatory loopholes do not emerge from unnecessary 8220crossover8221 with existing venue types, principally MTFs. It remains to be seen whether the EU Commission will accept the proposed amendment. More details of the relationship between the SEF regime in the US and the OTF regime in the EU are also widely expected to emerge in the coming months. In addition to the above, ESMA is yet to draft the technical standards to accompany the various raw elements of MiFID II that will apply to OTFs. For some elements, MiFID II has set ESMA a deadline of December 31, 2016 to produce technical standards, for others a deadline has not yet even been set. Watch this space Written by Alexander Culley, Compliance Consultant. Stay current.
No comments:
Post a Comment